10 Menit Yang Akan Mengubah Kehidupanmu!

Kawan, cobalah sejenak luangkan waktu 10 menit untuk membaca dan memahami tulisan ini. Ini adalah ilmu tentang menjalani hidup, cara bagaimana membuat kehidupan kalian menjadi lebih baik dari yang kemarin, lebih sukses dan tentunya akan membuat kalian lebih bahagia.

Yap, akan saya bagikan pengetahuan ini kepada kalian. Kehidupan yang saya jalani sekarang tak pernah lepas dari beberapa hal dibawah ini. saya telah menjalani ini semenjak saya SMA dimana saya telah memiliki pendapatan secara mandiri.

Jumping @Washington Monument, USA.

Ini adalah mengenai bagaimana kalian mengatur fondasi finansial, ini adalah bagaimana mengatur pola kehidupan, ini adalah bagaimana membangun karakter dan mindset untuk menjadikan diri kalian lebih baik.

Kawan, jika kamu telah mampu untuk mendapatkan penghasilan entah itu dari kerja atau bisnis, selalulah lakukan hal-hal berikut ini. Bagi kantong penghasilanmu kedalam enam buah kantong yang nantinya masing-masing kantong memiliki fungsi masing-masing.

1. Kantong Hidup > 30%

Pembagian kantong yang pertama adalah untuk biaya hidup. Besarannya adalah sektiar 30% dari total penghasilanmu. Dengan besaran seperti ini maka bisa disebut ini adalah gaya hidup yang sederhana. Ya, tak perlulah kita membuat hidup ini dengan penuh hura-hura dan ketiadamanfaatan, itu kalau kamu ingin membuat hidupmu lebih bermakna ya 🙂

Biaya hidup ini meliputi hal-hal seperti kebutuhan primer sebagai manusia seperti pangan, sandang dan papan. Percayalah, dengan prosentase tersebut kamu masih bisa menikmati hidup 🙂

2. Kantong Silaturahmi > 10%

Istilah kerennya adalah Networking! yap bagian kedua ini adalah kantong untuk silaturahmi, networking dan berkawan. Untuk apa harus sebesar ini ? hmmm…sebetulnya itu terserah berapa besaran prosentase yang ingin kalian anggarkan untuk kantong ini, tetapi saran saya adalah 10%, mungkin bisa lebih 🙂

Kantong kedua ini berguna untuk menambah jaringan perkawananmu. Mengapa ini penting? karena perkawanan atau networking adalah satu hal penting yang menjadi investasi baik dimasa sekarang ataupun dimasa yang akan datang.

Bahkan Nabi Muhammad SAW pun menyarankan agar sebagai manusia hendaknya kita senantiasa menjaga tali silaturahmi.

Duduk ditengah diapit ibu2 habis mentraktir rekan2 dari PSI di Hanamasa All you can eat, lupa habis berapa itu banyak banget orangnya wkwk 😀

Pos pengeluran ini bisa kalian gunakan untuk mentraktir teman atau orang lain yang memiliki pengetahuan dan wawasan yang lebih dari kalian, yang memiliki kekayaan lebih dari kalian dan mereka yang berjasa dalam perjalanan karir kalian, kemudian belajarlah kepada mereka!

Lakukan hal ini minimal dua kali dalam sebulan dengan orang yang berbeda-beda. Lihatlah nanti setelah satu tahun, kalian akan memiliki lingkaran pertemanan atau network dengan nilai atau value yang sangat luar biasa, selain ilmu, wawasan, reputasi dan pengaruh, kalian akan memiliki nilai lebih yang dihasilkan, dan hal yang akan kalian dapat mungkin nilainya lebih dari apa yang telah kalian keluarkan, mungkin juga orang-orang yang telah kalian temui akan menjadi bagian kesuksesan masa depan kalian. Percayalah!

3. Kantong Ilmu Pengetahuan > 15%

Pos ini merupakan pengeluaran yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan kalian, melalui apa saja? bisa dengan membeli buku, berlangganan internet, mengikuti training, kursus atau seminar.

Saya sebelumnya bukan merupakan pembaca buku yang setia, saya baru sadar bahwa membaca buku itu sangat penting ketika saya memasuki SMP. Hampir setiap hari saat itu saya bisa melahap satu edisi buku Ensiklopedia yang saya pinjam dari perpustakaan daerah.

Setelah SMA karena sudah memiliki penghasilan saya baru mampu untuk membeli buku-buku yang saya sukai, berlangganan internet untuk memperdalam ilmu tentang dunia IT saat itu.

Ketika membeli buku, belilah buku yang sekiranya dapat meningkatkan pengetahuanmu, hindari untuk membeli buku-buku seperti novel atau komik. Carilah buku yang memiliki pengetahuan dibidang yang kalian tekuni.

Koleksi buku yang saya miliki, ini hanya sebagian, yang lain masih banyak :D

Koleksi buku yang saya miliki, ini hanya sebagian, yang lain masih banyak dan belum kebaca 😀

Selain itu cobalah untuk mengikuti training atau kursus sesuai dengan bidang yang kalian sukai, bagi kalian yang perlu motivasi, mungkin bisa sesekali mengikuti event seminar baik itu seminar tentang motivasi, bisnis atau yang lainnya. Selain ilmu, melalui event kalian juga akan mendapatkan kawan dan network. Sampai saat ini saya masih rajin untuk mengikuti event-event bisnis atau seminar yang berkaitan dengan hal yang sedang saya tekuni.

4. Kantong Berpetualang > 10%

Ini adalah kantong yang sangat menyenangkan bagi kalian. Yap saya menyebutnya kantong berpetualang atau istilah kerennya traveling atau bisa juga backpacking. Lho emangnya kenapa harus dianggarin van? jawabannya simple, dengan berpetualang kalian akan menemukan hal-hal baru diluar sana yang mungkin tidak kalian temui dilingkungan kalian saat ini, dan ini akan mengubah cara kalian memandang hidup.

Saya beruntung karena telah berpetualang dan menjelajah ke bebarapa negara baik dengan biaya sendiri atau dibiayai orang lain (yap saya beberapa kali menjadi ambassador sebuah brand produk yang mengharuskan saya keluar negeri 🙂 )

Ketika saya melakukan perjalanan tersebut, saya mendapatkan banyak hal yang mungkin tak akan saya dapat kalau cuman diem aja. Saya banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang memberikan saya cara pandang baru dalam menjalani hidup ini.

Sesekali berpetualanglah ke luar negeri dimana tempat tersebut memiliki perbedaan budaya yang sangat jauh dengan kita, jadi kalau jalan-jalan keluar negeri jangan cuman negara-negara ASEAN ya guys, apalagi Malaysia dan Singapura yang jelas-jelas kebudayaanya hampir sama dengan kita 😀

Hanya orang gila yang berani blusukan memasuki restricted area di Gedung Pentagon, Pusat Militer USA yang penjagaanya super ketat! Ini adalah petualangan setelah saya mengunjungi Washington DC.

Yap, ditempat-tempat baru tersebut kita akan mendapat banyak hal, posisikan diri kalian jangan cuma menikmati tempat-tempat wisatanya, tetapi carilah juga hal-hal lain yang akan menambah wawasan kalian, dan bertemanlah dengan orang-orang baru dari luar tersebut, make a friendship with them!

Jangan lupa juga untuk mengeksplore Indonesia, setidaknya kisah petualangan kalian di negeri sendiri akan membuat kalian benar-benar mencintai INDONESIA seutuhnya, karena Indonesia itu sangat KAYA sob!

Percayalah, jika kalian sudah sering melakukan petualangan, setelah kalian kembali ke lingkungan masing-masing kalian akan bisa menghadapi kehidupan ini dengan lebih dewasa.

5 Kantong Investasi > 30%

Ini adalah kantong yang harus ada dan harus dianggarkan. Ingat, investasi tidak sama dengan menabung! yap investasi adalah bagaimana mengupayakan agar uang yang kalian keluarkan bisa memberikan hasil berkali-kali lipat. Entah itu melalui bisnis, beli tanah, beli emas, bermain saham atau membuka reksadana.

Jika kalian sudah bekerja dan cukup banyak waktu luang, kenapa tidak waktu luang kalian bisa digunakan untuk berbisnis? berbisnis itu gampang kok, tak perlu bakat atau keturunan orang kayah saja yang bisa berbisnis. Lha saya saja yang cuman anak pedagang kupat tahu aja bisa, masa kalian tidak???

Tetapi namanya juga investasi, pasti ada resikonya, untuk itu kalian harus tau bagaimana mengukur resiko-resiko yang ada. Kalau kalian takut pada resiko ya tabung saja, tetapi untuk menjadi berlipat-lipat bakalan lama, karena uang yang kalian tabung justru akan dimanfaatkan pemilik bank untuk membiayai orang lain yang ingin berhutang untuk membangun bisnisnya! gak fair kan? yap, selama ini uang yang kalian tanam di Bank sebetulnya digunakan untuk memodali orang-orang lain agar menjadi lebih kaya dari kalian, makanya jangan mau dibegoin sama yang namanya Bank 😛

Intinya berikan pos investasi kurang lebih sebesar 30% untuk melipatgandakan kekayaan kalian!

6. Kantong Sedekah! > 5%

Ini adalah bagian terakhir, hal sepele tetapi sering dilupakan oleh orang lain, mungkin termasuk kalian 😛

Sebetulnya rumus hidup bahagia itu simple yaitu “Berbagilah kebahagiaan dengan orang lain”. That’s it!

Melalui sedekah atau berderma akan membuat harta atau uang yang kalian miliki menjadi lebih berkah. Bersedekah ini tidak hanya dianjurkan dalam Islam, tetapi saya yakin bahwa setiap agama didunia ini mengajak pemeluknya untuk mau berbagi dan bersedekah kepada orang yang membutuhkan.

Dalam Islam kami diajarkan untuk bersedekah minimal 2.5% dari total harta atau pendapatan yang kita miliki, tetapi menurut saya hendaknya kita harus memberikan yang lebih, ya prosentasenya sekitar 5% atau kalau mau dilebihkan juga boleh, itu lebih bagus.

Yang jelas saya percaya bahwa ketika kita bersedekah atau memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan, Tuhan akan memberikan balasan berlipat-lipat dan tak terduga untuk kita. Saya telah membuktikan hal ini.

Sedekah dalam bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) oleh Moboweb kepada Yayasan Sosial Indonesia Kemanusiaan) sebesar Rp 30.000.000,-

Sedekah dalam bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) oleh Moboweb (salah satu divisi bisnis Vemobo) kepada Yayasan Sosial Indonesia Kemanusiaan sebesar Rp 30.000.000,-

Ya itulah ilmu mengenai bagaimana seharusnya kita mengeluarkan uang untuk kehidupan kita. Saya telah mengalami sendiri bagaimana cara-cara tersebut telah merubah kehidupan saya.

Saya merasa beruntung dan bersyukur karena sudah menjalani ilmu tersebut sejak saya masih SMA, dimana Tuhan telah membukakan jalan dan pikiran kepada saya.

Dari beberapa orang sukses yang saya temui, hampir semua poin-poin diatas mereka telah melakukannya, bahkan dari beberapa artikel tentang bagaimana orang kaya menggunakan hartanya juga menyatakan poin-poin tersebut.

Hal yang saya sampaikan merupakan ilmu dan pengetahuan yang telah saya jalani sendiri dengan hasil yang sangat luar biasa. Sampai saat inipun saya masih terus menerapkannya agar menjadi lebih kaya dan lebih sukses hehe…

Saya yakin jika kalian juga menerapkan hal tersebut maka ini akan membuat hidup kalian lebih baik lagi.

Cobalah cara tersebut dalam kurun waktu satu tahun, saya sangat yakin sekali dalam kurun waktu satu tahun kalian akan merasakan manfaat yang sangat besar. SAYA YAKIN!

Ilmu ini tidak akan berguna kalau kalian yang hanya membaca tanpa dimasukan kedalam otak kalian, pahami dan terapkan! itu kuncinya.

Semoga hal-hal yang saya sampaikan ini bermanfaat.

Jika menurut kalian pengetahuan ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini kepada orang lain, sebarkan dan beritahukan kepada setiap orang yang kalian temui. Saya yakin ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang juga dibagikan ke orang lain, dengan berbagi kalian akan menjadi manusia yang lebih bermakna.

Advertisements