Tips Hunting Buku di Big Bad Wolf

Pameran Buku Big Bad Wolf

Minggu pagi dini hari tadi saya mendatangi event “Big Bad Wolf Jakarta“. Event ini merupakan event pameran buku terbesar di Indonesia untuk saat ini. Acaranya sendiri diselanggarakan di ICE BSD dan buka 24 jam non stop! jadi kamu bisa belanja buku sepuasnya dengan harga miring tanpa takut tutup. Diskon dalam acara pameran buku ini sendiri mencapai 60-80%.

Tepat pukul 3 pagi dini hari saya berangkat ke ICE BSD bersama 3 rekan saya yang lain. Kenapa berangkat jam 3 pagi? yes! karena di event ini antusias pengunjung gila-gilaan! pengunjung datang baik dari Jakarta ataupun luar kota.

——
Tips Hunting Buku di Big Bad Wolf:

  1. Cari waktu yang tepat.
  2. Tentukan target buku incaran.
  3. Cari buku dengan topik yang sudah ditentukan terlebih dahulu.
  4. Cek dengan Bank mana saja yang telah bekerjasama.
  5. Makan sebelum hunting, jangan sampai kelaparan!
  6. Bawa air mineral

——

Kalau kita datang pada jam normal maka anda harus siap-siap untuk mengantre lama di kasir. Jika hunting di jam normal, rata-rata mereka akan mengantri di kasir antara 3-4 jam. Nah! gila kan? untuk itulah saya niat dari hari sebelumnya untuk berangkat pagi buta.

Sampai lokasi, kami masuk dan kagetnya pada jam tersebut tetap saja sudah banyak orang yang mulai mencari buku, tapi aman nya kami tidak mengantri terlalu lama saat mau melakukan pembayaran di kasir.

Hal yang saya lakukan pertama kali adalah tentu hunting buku-buku impor, karena harganya sangat luar biasa murahnya, beberapa buku impor yang saya dapati di toko buku Periplus harga berkisar 300 – 600 ribu. Di pameran ini harganya bisa hanya 85 ribu rupah saja! wah tentu ini surga buat saya yang memang pecinta buku 🙂

Kami menghabiskan waktu hampir 5 jam untuk hunting buku, alhasil saya borong 32 judul buku impor. Kebanyakan buku tentang bisnis, photography dan ensiklopedia. Ada ensiklopedia keluaran DK Publishing yang biasa saya baca waktu kecil dulu, harga normal kemungkinan berkisar hampir 1 juta, dipameran ini saya bisa mendapatkan dengan harga hanya 400 ribu rupiah saja. Yah dengan 32 buku tersebut saya harus merogoh kocek hampir 4 juta rupiah.

Berikut beberapa tips dari saya jika kalian ingin hunting buku di pameran buku Big Bad Wolf:

  1. Hunting pada jam-jam ketika banyak orang lain terlelap. Saran saya anda bisa hunting mulai jam 2 pagi dini hari (jika itu weekend). Namun jika anda mau datang pada jam kerja, anda bisa datang pagi sekitar jam 7 pagi.
  2. Makan sebelum hunting! jangan sampai anda kelaparan, karena akan sangat menyusahkan.
  3. Tentukan target buku dengan topik apa yang akan anda cari, karena akan memberikan waktu efisiensi yang lebih jika anda sudah tau ingin membeli buku apa. Jika masih belum ada ide, anda bisa berkeliling rak pameran dan lakukan proses scanning!
  4. Cari buku dengan topik yang sesuai dengan yang anda incar terlebih dahulu, baru setelah itu silahkan berkeliling untuk mencari buku yang mungkin menarik bagi anda.
  5. Ambil semua buku yang menarik perhatian anda kedalam troly, apakah buku tersebut akan jadi dibeli atau tidak, itu bukan masalah. Sebelum ke kasir anda bisa mensortir terlebih dahulu.
  6. Cek dengan Bank manakah  event pameran tersebut bekerjasama, karena untuk pembayaran debit mereka hanya menerima dengan Bank yang telah bekerjasama. Atau silahkan bawa uang cash.
zig zag scanning

Gunakan teknik Zig Zag Scanning dalam pencarian buku, masukan kedalam troli semua buku yang menarik anda, sortir belakangan.

Pameran Buku Big Bad Wolf

Diskon buku sampai dengan 60 – 80%

Pameran Buku Big Bad Wolf Jakarta

Pameran Big Bad Wolf Jakarta

Suasana antrian kasir yang belum terlalu padat, selesai hunting pukul 8 pagi.

Pameran Buku Big Bad Wolf Jakarta

Ini hasil book hunting saya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s